Gula Aren Temon Produk Tani Lokal Go Global

 

KTH AREN LESTARI PACITAN

GULA AREN TEMON

PRODUK TANI LOKAL  GO GLOBAL

 

 


Selain gula pasir, familier juga jenis gula yang kerap disebut gula jawa — ada juga yang menyebutnya gula merah. Gula jawa atau gula merah ini banyak dijual di pasaran. Kalau kamu perhatikan, ada jenis gula yang bentuk dan warnanya mirip dengan gula jawa atau gula merah, kadang dijual terpisah dan harganya lebih mahal. Namanya gula aren atau gula nira. Hmm…

 Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau.

Proses pembuatan gula aren lebih banyak menggunakan bunga jantan karena nira dari bunga jantan menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga bentina. Selain itu, kualitas air nira dari bunga jantan lebih memuaskan.

Salah satu program binaan penyuluh Kehutanan CDk Wilayah Pacitan wilayah kerja Kecamatan Arjosari adalah KTH Aren Lestari Desa Temon Kec. Arjosari Kab. Pacitan yang salah satu kegiatannya adalah sebagai penderes pohon aren . Sebanyak 70 orang anggota KTH Aren Lestari adalah mata pencahariannya sebagai penderes pohon aren yang menghasilkan nira aren sebagai bahan pokok Gula Aren .

 


KTH Aren Lestari dalam pemasaran Gula Aren bermitra dengan CV  Temon Agro Lestari yang berkedudukan di RT 01/RW 04 ,Tenggar  Desa Temon Kec. Arjosari Kab. Pacitan dalam bentuk kepingan gula aren .

 CV  Temon Agro Lestari di samping dalam bentuk kepingan  mengolah lagi  dalam bentuk Gula Aren Semut/ bubuk  maupun Gula Aren Cair atau Gula Aran Jahe Merah , Kopi gula aren .

 


CV  Temon Agro Lestari  dalam Management Pengelolaan maupun pemasaran disamping mendapatkan Pembinaan dari Penyuluh Kehutanan, Kasi TKUK CDK wilayah Pacitan juga berkalaborasi dengan Dinas Pertanian Kab. Pacitan, Dinas Perindag Kab. Pacitan , Dinas Perijinan Kab. Pacitan maupun dengan Steakholder yang lain .

 


 

dalam perjalanan pemasarannya CV Temon Agro Lestari bersama KTH Aren Lestari mendapatkan kesempatan perdana untuk mengekspor hasil Gula Aren ke KANADA dalam bentuk cair.

 


Tepatnya pada bulan Maret 2023 dilakukan louncing perdana pemberangkatan ekspor perdana Gula Aren Temon dalam bentuk Cair ke KANADA sebanyak 1,3 ton gulo aren cair .

Gula Aren Temon Produksi Petani Milenial Pacitan Tembus Pasar Kanada .

 


 Semoga kegiatan ini menjadi Inspirasi KTH KTH yang lain dalam menggali potensi kearifan lokal di daerah masing masing . SALAM LESTARI.............................................................



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEBAH KLANCENG

PENDAMPINGAN DESA DEVISA GULA AREN TEMON

Antisipasi Kebakaran Hutan