Aneka Usaha Kehutanan (AUK ) Gapoktanhut WONO LESTARI

 

ANEKA USAHA KEHUTANAN ( AUK ) GAPOKTANHUT

“ WONO LESTARI “

            KECAMATAN  ARJOSARI KABUPATEN PACITAN               PROVINSI JAWA TIMUR

 



Untuk menjalin silahturohmi Gabungan Kelompok Tani Kehutanan ( GAPOKTANHUT ) “ WONO LESTARI “ Kec. Arjosari Kab. Pacitan Prov. Jawa Timur  meyelenggarakan Halal Bi halal di rangkaikan dengan pameran produk Unggulan Aneka Usaha Kehutanan ( AUK ) di sekretariat Gapoktanhut  Dsn. Sidorejo Ds. Gayuhan Kec. Arjosari Kab. Pacitan . Tidak ada batasan agenda rutin tahunan ini terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung .selaian silaturohmi tentu membuka peluang sebagai ajang pertukaran informasi dari seluruh yang terlibat .

Hadir dalam acara tersebut adalah Penyuluh Kehutanan wilayah kerja Kec. Arjosari CDK Pacitan, PKSM se Kec. Arjosari , Gulo Aren Temon, Komunitas Anti sengat Perlebahan Arjosari , Jejamuran Josari, Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Perikanan Kec. Arjosari , Petugas Peternakan dan Dokter Hewan Se Kab. Pacitan dan Steakholder terkait serta Kelompok Tani Hutan .

 

 

  

Aneka Usaha Kehutanan yang di pamerkan adalah Gula Aren Temon produk lokal go global yang pada bulan maret 2023 mengekspor Gula Aren Cair  sebanyak 1,3 ton ke Kanada dan rencana sudah melirik ke Cambera  Australia ... yang di produksi oleh CV Temon Agro Lestari yang bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Aren Lestari sebagai Pemasuk Bahan Baku Gula Aren .

Juga dipamerkan dari komunitas Anti sengat PERLEBAHAN ARJOSARI  dengan semboyan” Enthupmu Semangatku “ yang memproduksi Madu Sarang , Madu Avis Dorsata ( Madu tawon Gung ) , Madu Avis Cerana ( Madu tawon unduhan ) maupun Trigona ( Madu Tawon Klanceng ) . juga menerima pesanan Pembuatan stup yang sudah berisi maupun belum berisi tawon dan bunga vegetasinya yaitu bunga air mata pengantin ( AMP ) .

Komunitas Anti Sengat PERLEBAHAN ARJOSARI  dari KTH Rukun Makmur ds. Gayuhan , KTH Sumber Urip III ds. Karangrejo, KTH Sido Subur  Ds. Jetis kudul dan KTH akur ds. Temon Kec. Arjosari .

 


   Juga di pamerkan dari komunitas Jejamuran Josari yang memproduksi Log Jamur Tiram beserta hasil budidayanya Jamur Tiram segar maupun olahan jamur tiram yaitu Jamur krispy . 

Komunitas Jejamuran Josari dari KTH Rukun Makmur ds. Gayuhan, KTH Guyub Rukun ds. Tremas maupun KTH Lestari dari Jatimalang .

 

 


 Seluruh yag disajikan berasal dari produk lokal unggulan dan hasil bumi lokal bukti terwujudnya upaya ketahanan pangan  yaitu hidangan ringan POLO PENDEM hasil hutan antaralain : Talas, Uwi, Gembili gembolo, kacang tanah, dan lain lain .

Kegiatan di maksud untuk memcacu perkembangan hasil hutan bukan kayu ( HHBK ) dengan berbagai aneka usaha kehutanan ( AUK ) di   wilayah Kec. Arjosari Kab. Pacitan guna  untuk mensejahteran para anggota Kelompok Tani Hutan ( KTH ) .

Masih banyak  hasil usaha kehutanan yang belum di tampilkan antara lain , ayaman dari bambu , penggergajian kayu maupun pernak pernik dari limbah kayu  maupun permentasi dari hasil limbah ECO Enzim  dsb.

 


Untuk menyemarakkan suasa kegiatan ini di dukung oleh Elaktone CESA NADA dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pacitan . Terselenggaranya giat ini sebagai harapan eksistensi produk lokal unggulan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian alam , keseimbangan ekosistem serta berlaku ramah lingkungan .

Semoga kegiatan ini menjadikan inspirasi dalam memberberdayakan hasil hutan dan melestarikan hutan  untuk kesejahteraan  kita semua .........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LEBAH KLANCENG

PENDAMPINGAN DESA DEVISA GULA AREN TEMON

Antisipasi Kebakaran Hutan