LEBAH KLANCENG

 

LEBAH KLANCENG

JENIS DAN MANFAATNYA



Mengenal lebah klanceng. Di Indonesia terdapat berbagai macam lebah yang dapat menghasilkan madu. Misalnya saja madu klanceng yang merupakan madu yang dihasilkan dari lebah bukan penyengat sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda dibanding madu pada umumnya. kita akan mengenal lebah klanceng atau dalam bahasa latinnya sering disebut Trigona sp.

Komunitas anti sengat Perlebahan Arjosari yang di bina oleh Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Pacitan ,wilayah kerja Kec. Arjosari Kab. Pacitan Provinsi Jawa Timur selain budidaya lebah avis cerana dan lebah Avis Dorsata juga budidaya lebah klanceng ( Trigona sp ) . Jenis lebah klanceng yang di budidayakan baru jenis Lebah Klanceng Laeviceps. Pada saat ini akan di kembangkan budidaya lebah klanceng jenis Biroi yang di datangkan dari Sahar Soppeng Sulawesi . Tahap pertama Perlebahan Arjosari mendatangkan 23 Stup . yang akan dibagi untuk semua anggota .



 

  Madu klanceng cenderung memiliki rasa yang beragam. madu klanceng itu ada rasa kecut, manis, dan ada rasa sedikit pahit, untuk mendapatkan nektar, lebah klanceng lebih menyukai bunga-bunga yang berasal dari alam. Kemudian untuk bee pollennya, lebah klanceng akan mengambil putik dan benangsari dari tanaman. Tidak seperti lebah jenis lainnya yang bisa dengan menambahkan gula atau sari tebu untuk tambahan makanannya.

 

Berikut komunitas anti sengat Perlebahan Arjosari akan berbagi jenis – jenis  lebah klanceng dan manfaatnya .

·         Lebah Klanceng Laeviceps

Jenis lebah ini merupakan khas dari Pulau Jawa dengan ciri-ciri fisik yakni berukuran paling kecil dengan warna hitam. Laeviceps memiliki pintu masuk bertanda propolis di lubang sarang saja, untuk membedakan pintu masuk dari koloni lebah klanceng lain. Propolis yang digunakan berwarna coklat muda dan lengket. Jebakan propolis di luar sarang berguna menghalau musuh alaminya seperti semut, cecak, dan laba-laba.

Jenis klanceng Laeviceps ini sering menyerang koloni klanceng lain untuk diambil madunya. Laeviceps merupakan lebah tak bersengat yang paling kuat. Tak heran, bila jenis Laeviceps ini sering menang dalam pertarungan dengan koloni lebah trigona lain.

·         Lebah Klanceng Itama

Memiliki ciri-ciri yakni ukurannya lebih besar dari jenis Laeviceps, produktivitas madunya juga lebih besar. Sarangnya, terdiri dari terompet trigona, batumen, pot telur, pot polen, pot madu dan larva. Terompet Itama berwarna hitam kecoklatan menonjol dengan lubang sebagai jalur menuju pintu masuk sarang mirip corong. Terompet lebah klanceng Itama dilengkapi beberapa jebakan propolis berwarna kecoklatan yang lengket.

·         Lebah Klanceng Biroi

Jenis lebah ini berasal dari endemik Sulawesi. Lebah yang satu ini juga memang tidak menyengat, tetapi sangat agresif. Biroi memiliki ciri-ciri tubuh sangat mirip Laeviceps, namun sedikit lebih kecil dan thorax bagian belakangnya sedikit berbulu serta mengeluarkan bau khas tubuhnya.

 

Selain 3 jenis tersebut, sebenarnya masih banyak jenis lebah klanceng lain. Namun, saat ini keberadaannya sudah sulit ditemukan.

Kemudian, perbedaan lebah klanceng dibandingkan dengan jenis lebah menyengat atau Apis yaitu selain ukurannya yang lebih kecil, daya jelajah untuk mencari vegetasi untuk makannya juga paling jauh yaitu sekitar 200 meter.

Sedangkan, lebah Apis memiliki radius mencari pakan hingga 1 kilometer.

Berbicara mengenai kekurangan melakukan usaha budidaya lebah klanceng ini adalah produktivitas madunya sangat rendah. Selain itu, jika ingin membudidayakan lebah klanceng ini harus diperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu terkait cuaca. Karena lebah ini tidak menyukai tempat yang terlalu panas dan juga terlalu lembab. Selain itu, lokasi sarang atau stup harus diletakkan di tempat yang teduh dan gelap.

Lalu, untuk kelebihan budidaya klanceng ini yaitu madu yang dihasilkan memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Selain itu, harga jual madu lebah klanceng ini juga lebih besar.

terdapat beberapa khasiat dari madu klanceng antara lain yakni sebagai obat untuk mengatasi asam lambung/ penyakit maag, menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk program hamil.

Selain bermanfaat untuk kesehatan manusia, bee pollen dan propolis lebah klanceng juga dapat bermanfaat untuk kesehatan hewan.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAMPINGAN DESA DEVISA GULA AREN TEMON

Antisipasi Kebakaran Hutan